Bimbingan Teknis Open Source Software OSS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Magetan

BERITA

Senin 12 Desember 2011 jam 08.00 WIB, acara Bimbingan Teknis Open source software (OSS) dengan menggunakan BlankOn sebagai sistem operasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Magetan resmi dibuka oleh Bupati Magetan yang diwakili bapak Asisten 3. Dalam kegiatan tersebut diikuti 150 peserta yang terdiri SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Pegawai Kecamatan dan kelurahan se-kabupaten Magetan di laksanakan di 2 tempat dalam waktu yang sama yaitu di gedung HCS dan gedung koperasi. Pelaksanakan kegiatan tersebut berlangsung 3 hari dari tanggal 12-14 Desember 2011, acara ini diselenggarakan untuk memenuhi dan melaksanakan Surat Edaran Menpan mengenai penggunaan Open Source Software.

Di hari pertama para peserta mendapat materi tentang pengenalan Open Source Software yang disampaikan langsung oleh bapak Rahman Yusri Aftian di gedung koperasi sedangkan di gedung HCS presentasi disampaikan oleh bapak Abdul Aziz Wasik yang masing-masing dibantu oleh dua orang sebagai Asisten dengan materi yang sama menggunakan sistem operasi BlankOn. Materi pertama yang disampaikan meliputi pengenalan mengenai Open Source Software, pengenalan dan instalasi BlankOn linux serta implementasi software linux untuk memenuhi tuntutan kerja SKPD, jajaran kecamatan, dan kelurahan. Sebelum para peserta melakukan pemasangan BlankOn pada notebooknya masing-masing, peserta mencoba BlankOn yang sudah terinstall di live USB. Peserta begitu antusias mencoba BlankOn live USB dan selanjutnya proses pemasangan BlankOn pada notebook peserta.

Hari kedua dilanjutkan dengan Workshop aplikasi Internet, Multimedia, Grafik dan Office. Peserta diberi penjelasan bagaimana cara menggunakan browser, melakukan download, bergabung dengan pengembang BlankOn melalui IRC atau millis, cara memutar lagu dan film, manajemen file menggunakan Aplikasi multi media, membuat logo BlankOn dengan menggunakan Inkscape, cara menyimpan dan menjadikannya format PNG, selain menggunakan Aplikasi Inskcape pada sesi ini dibahas mengenai aplikasi GIMP sebagai pengganti Photoshop.Pengenalan dan penggunaan LibreOffice Writer, disini dijelaskan cara membuat kop surat secara cepat dan efisien serta dijelaskan trik-trik penting lainnya dan semua tata cara yang dijelaskan menggunakan sistem operasi BlankOn.

Di hari terakhir peserta mendapat pengenalan dan penggunaan LibreOffice Calc, disini dijelaskan tata cara membuat dan manajemen Data secara efisien dan cepat, Mailmerger menggunakan LibreOffice Base untuk memanajemen data di Writer dengan menggunakan database yang disimpan pada LibreOffice Calc serta penjelasan beberapa rumus penting lainnya. Semoga dengan berlangsungnya acara ini, Pemkab dan Pemkot lainnya dapat segera mengikuti langkah yang sama.


Author : Humas

Editor : Humas

Categories : berita

Tags : berita