Jaring tim pengembang BlankOn adakan Lokakarya pemaketan

BERITA

14 Oktober 2011, Guna mempersolid tim pengembang dan menjaring para pengembang baru, tim BlankOn Linux bekerja sama dengan Yayasan Air Putih mengadakan lokakarya pemaketan secara luring. Sebagai salah satu distribusi Linux yang dikembangkankan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia, tim BlankOn merasa perlu untuk membangun komunitas dan mengajak para anak bangsa untuk ikut berkontribusi dalam pengembangannya.

Lokakarya ini diselenggarakan di Laboratorium Komputer Yayasan AirPutih, tak lebih dari 10 peserta yang antusias mengikuti materi pengembangan yang dipandu oleh salah satu pengembang senior dari tim BlankOn Linux Akhmat Safrudin. Lokakarya ini dibagi menjadi 3 sesi materi dalam 3 kali pertemuan yang diselenggarakan setiap hari Jumat jam 19:00 wib. Pada sesi pertama pertemuan pertama lokakarya, para peserta dikenalkan mengenai alur dari pengembangan BlankOn, penjelasan secara singkat mengenai tujuan dikembangkannya distribusi Linux BlankOn, selain itu pada sesi ini para peserta juga akan dikenalkan perangkat pengembangan yang akan digunakan sebagai penunjang dalam memaketkan paket di BlankOn.

Salah satu materi yang diberikan kepada peserta adalah bagaimana cara pembuatan lingkungan chroot sebagai lingkungan yang akan digunakan untuk pembuatan paket BlankOn. Pembuatan lingkungan chroot ini dimaksudkan agar dalam proses pembuatakan paket nantinya tidak mengganggu lingkungan desktop yang saat ini digunakan. Tak ayal materi ini mengundang antusias peserta karena peserta langsung berinteraksi dengan perangkat pengembangan yang akan digunakan nantinya.

Hasil yang diharapkan dari diadakannya lokakarya ini selain untuk menjaring dan memperkuat tim pengembangan adalah, mendorong para anak bangsa ini bangga menggunakan sistem operasi buatan dalam negeri dan ikut berkontribusi urun rembuk untuk membuat BlankOn menjadi lebih baik lagi, sehingga pada akhirnya akan membuat BlankOn ini lebih dikenal, banyak digunakan, serta dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.


Author : Humas

Editor : Humas

Categories : berita

Tags : berita