Guest Lecturer Universitas Bakrie bersama BlankOn

BERITA

Jakarta, selasa/26 April 2011 adalah kesempatan kali pertama di bulan April 2011 untuk Prodi Sistem Informasi Univ. Bakrie mengadakan agenda kampus yaitu Guest Lecturer. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan oleh setiap program studi. Guest Lecturer ini adalah kegiatan ajar-mengajar namun dimana dosen pengajarnya tersebut adalah dosen atau parktisi dari luar kampus yang memang berkompeten dengan mata kuliah suatu prodi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa dan juga untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia luar. Kegiatan ini biasanya berbentuk seminar.

Untuk kesempatan kali ini, program studi sistem informasi mengangkat tema Guest Lecturer yang bertajuk “Arsitektur Sistem Operasi BlankOn”, dimana pada materi tersebut akan dipaparkan oleh Bapak Mohammad Dhani Anwari (MDAMT) yang merupakan senior Pengembang Blankon, yang pada saat ini tinggal di Helsinki, Finlandia. Dikarenakan, beliau tidak mungkin datang ke Indonesia, maka kami menggunakan video conference dalam pelaksanaannya. Peserta seminar ini adalah mahasiswa/I semester dua program studi Sistem Informasi dan teknik Informatika.

Tepat pada pukul 13.00 wib (Indonesia) atau pukul 21.00 (waktu Helsinki), Pak MDAMT (sapaan akrab beliau) mulai memaparkan tentang Proyek-proyek BlankOn, DIstribusi BlankOn yang sudah dirilis dan yang akan, kemudian Target pengguna BlankOn ini sendiri untuk kemana saja, Menjelaskan pula tentang tujuan arsitektur, arsitektur dasar BlankOn, gugus arsitektur, penjelasan sedikit tentang Srimubil dan juga pemaparan tentang optimasi desktop BlankOn untuk masa depan dengan adopsi teknologi baru dan pada presentasi akhir Pak MDAMT mengajak peserta seminar tersebut untuk bergabung dalam komunitas BlankOn dimana mereka dapat belajar dari hal yang mereka tidak tahu menjadi tahu, dan setidaknya dapat memajukan dunia Open Source.

Terbersit dalam pikiran kami, mengapa mengambil tema tentang BlankOn? Sebenarnya itu merupakan ide topik yang Pak MDAMT sampaikan kepada kami, rencana awalnya adalah kami meminta Pak MDAMT memaparkan tentang Operating Sistem for Mobile Devices, karena beliau berkarya di Nokia Meego Computers, namun setelah berdiskusi dengan Pak MDAMT, maka kami mengambil tema tentang Arsitekstur Sistem Operasi BlankOn yang sebenarnya malah lebih menarik dan memukau untuk para peserta seminar untuk aktif terus bertanya.

Harapan kami dari pelaksanaan kegiatan ini adalah semoga student system informasi dan teknik informatika universitas bakrie terutama dapat mengikuti jejak Pak MDAMT dan juga dapat memajukan dunia Open Source lebih maju dari lahirnya para pengguna baru (newbie).

~Fanny~


Author : Humas

Editor : Humas

Categories : berita

Tags : berita