Perkuat Tim Pengembang BlankOn Adakan Pelatihan

BERITA

Kurang lebih diikuti sekitar 12 peserta yang terdiri dari beberapa muka lama dari pengembang BlankOn, hari ini tanggal 26 Desember 2009 diprakarsai oleh koordinator tim pemaket BlankOn bapak Akhmat Safrudin, mengadakan sebuah pelatihan mengenai mekanisme manajemen paket di BlankOn, acara ini di dukung oleh Yayasan AirPutih dan ypli, dan dilaksanakan di Ruang Labkom Yayasan AirPutih Jakarta.

Dalam kelas pemaketan ini, bapak Akhmat Safrudin sebagai pemateri membagi kelas menjadi 3 sesi. Sesi pertama adalah membahas tentang pengenalan manajemen pemaketan BlankOn beserta alur pemaketan hingga menjadi sebuah file .iso yang siap dinikmati oleh masyarakat. Sesi Kedua akan membahas tentang bagaimana membuat paket binary debian, dan sesi ketiga akan ditutup dengan materi maintenance paket-paket yang ada dalam BlankOn.

Sesi pertama pelatihan dibuka dengan perkenalan seluruh peserta, agar lebih mengakrabkan suasana pelatihan antara pemateri dan peserta, kemudian bapak Akhmat Safrudin memberikan materinya dengan membahas tentang pengenalan pengembangan BlankOn, mulai dari alur pengembangannya, seluk beluk dibalik manajemen mengolah paket hingga infrastrukturnya. Dalam sesi kedua bapak Akhmat Safrudin menjelaskan bagaimana membuat sebuah paket binary debian dari paket source nya, dalam sesi ini peserta terlihat sangat antusias sekali dalam mempraktekan materi yang diberikan oleh bapak Akhmat Safrudin, dalam sesi kedua ini peserta juga diberikan tugas untuk membuat sebuah paket binary deb hingga bisa dijalankan ke dalam sistem.

Dalam sesi ketiga para peserta sudah terlihat kelelahan karena memang materi yang diberikan sangat banyak dan waktu yang terus beranjak semakin malam, tapi itu tetap tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti materi yang diberikan, dalam sesi ketiga ini pak Akhmat Safrudin menjelaskan bagaimana cara me maintenance paket-paket yang ada dalam BlankOn, terutama paket impor yang diturunkan ke BlankOn, kemudian dalam sesi ketiga ini peserta juga akan diberikan materi pembuatan mesin chroot yang bisa dimanfaatkan bagi pemaket untuk urusan pemaketan aplikasi. Dan terakhir dalam sesi ketiga ini bapak Akhmat Safrudin akan menjelaskan bagaimana cara mengirim paket ke gudang kode sampai di kelola ke gudang paket dengan menggunakan bazaar.


Author : Humas

Editor : Humas

Categories : berita

Tags : berita